DERAP BUDAYA BANGSA DI WISUDA KEDUA KAMPUS INSTITUT BISNIS MUHAMMADIYAH BEKASI


DERAP BUDAYA BANGSA DI WISUDA KEDUA KAMPUS INSTITUT BISNIS MUHAMMADIYAH BEKASI

Ada yang unik dan spesial di acara wisuda kedua kampus IBM Bekasi pada hari Minggu, 5 Desember 2021 lalu yang diselenggarakan di Hotel Haris & Convention Center, Summarecon – Bekasi. Acara yang dihadiri oleh 162 wisudawan-wisudawati diselenggarakan dengan mematuhi peraturan ketat sesuai aturan Prokes penanganan Covid-19.

Selain prosesi  formal sidang senat dan rangkaian kegiatan pengesahan para wisuda-wisudawati, wisuda kali ini diramaikan oleh Tari Yapong yang dibawakan oleh enam orang mahasiswi Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi.

Setelah latihan beberapa minggu, para penari ini tampil di hadapan seluruh wisudawan-wisudawati dengan penuh percaya diri. Memang, menampilkan tarian daerah di acara formal institusi, bisa menjadi salah satu cara untuk mewariskan budaya bangsa, juga mengajak generasi muda untuk cinta pada budaya lokal, tak hanya mengenal dan mencintai budaya asing.

“Yang terpenting, tarian ini tetap mengenakan busana daerah yang tertutup, dan juga, gerakannya pun dinamis, jauh dari kesan sensual.” Ujar salah satu penari  – mahasiswi IBM Bekasi dengan senyum manisnya.

Tarian karya seniman Bagong Kussudiarja  ini memang pas ditampilkan pada acara resmi seperti wisuda, karena selain bermakna tarian pergaulan, tarian ini menyajikan kekompakan, keceriaan serta sikap positif dan ulet dalam menghadapi hidup. Khas masyarakat Betawi yang memang bersikap optimis dan apa adanya.  Semoga, menjadi salah satu cara untuk terus  mempertahankan budaya tradisional.

Penulis : Eva Fauziana, S.PD., M.Si.
Dokumentasi : Kru IBMB

Comments (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *