IBM BEKASI MANTAPKAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING


IBM BEKASI MANTAPKAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING

IBM Bekasi (30/09/2021) . Era digital 4.0. telah membawa dampak perubahan yang cukup besar dalam dunia pendidikan. Ditengah merebaknya wabah COVID-19 belakangan ini justru sektor pendidikan khusunya Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta sangat dituntut untuk terus  berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran demi memenuhi tuntutan terjaganya kualitas pendidikan. Sebagai salah satu bagian dari perguruan tinggi swasta nasional,  Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi saat ini terus memantapkan system e-learning dalam menjalankan proses pembelajaran jarak jauh (PPJ). Hal ini dilakukan  untuk menjawab tuntutan Undang-Undang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Pembelajaran berbasis digital atau e-learning sendiri adalah gabungan dari 2 kata, yakni electronic dan learning. yaitu pembelajaran secara elektronik atau proses belajar mengajar yang dilakukan secara online. Dalam praktiknya, e-learning memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana belajarnya.

Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi melihat manfaat penggunaan e-learning ini sendiri sebagai media pembelajaran diantaranya adalah fleksibilitas tempat dan waktu, kedua, independent learning yaitu memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memegang kendali atas kesuksesan belajar masing-masing, ketiga, efisiensi biaya, keempat, efektifitas pengajaran dan kelima, otomatisasi proses administrasi.

Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi sendiri saat ini resmi meluncurkan sistem e-learning terbarunya yaitu lms.ibm.ac.id yang mengakomodasi semua proses pembelajaran dari awal hingga akhir.  Mahasiswa  dimanjakan dengan proses pengambilan mata kuliah, penugasan, pelaporan penilaian hingga evaluasi akademik secara periodik  yang dapat di akses dengan mudah dan cepat dengan System Web  Computer maupun device android / IOS.  

Menurut Kepala TIK Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi Bekasi, Jamaludin. Integrasi sistem e-learning Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi (lms.ibm.ac.id)  nantinya akan bersinergi dengan Zoom Meet, Google Meet, maupun Aplikasi pembelajaran lainnya yang mengakomodir pembelajaran. Integrasi ini akan memudahkan pertemuan pembelajaran antara dosen dan mahasiswa hanya dengan sekali klik dan kemudian terintegrasi secara sistematis. Sistem e-learning ini nantinya sangat memungkinkan mahasiswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun.

Meski demikian, dengan adanya e-learning ini nantinya tak melulu dilakukan pembelajaran jarak jauh (PPK), kelonggraan akibat PPKM level 2 memungkinkan pembelajaran dapat dilakukan secara tatap muka dan akan mengkombinasikan dengan system e-learning yang tersedia.

Sistem e-learning ini terus disosialisasikan penggunaannya kepada para dosen dan mahasiswa baru tahun akademik 2021 agar lebih familiar dengan system pembelajaran terbaru, saat ini sudah tersedia simulasi bagi para mahasiswa serta dosen agar dapat memahami sistem e-learning dengan lebih mudah.

Tim TIK Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi meminta agar para dosen dan mahasiswa yang mengalami keluhan serta menemui kelemahan-kelemahan dalam sistem agar dapat melaporkan kepada tim TIK IBM Bekasi untuk segera dievaluasi dan perbaiki oleh team Manajemen System TIK IBM Bekasi. Sampai Saat ini menurut Jamaludin, kendala terbesar dalam sistem pembelajaran online adalah faktor signal dan jaringan mahasiswa maupun dosen yang tidak stabil di beberapa tempat saat melakukan pembelajaran.

Sedangkan pada sistem integrasi e-learning sendiri saat ini hanya dituntut agar terus melakukan inovasi dan penyempurnaan serta pemeliharaan secara berkala agar system e-learning  terjaga dengan normal dan tidak terjadi Down Server  dikala proses administratif dan pembelajaran tengah berlangsung.

Penulis : Muh. Rafi Siregar M.SEI

Dokumentasi : Deny Hardiansyah (Mahasiswa Akuntansi Semester 5)

Comments (7)

  • jaenudin Reply

    mantap

    September 30, 2021 at 3:54 am
  • Ihy* Reply

    Yeayyyy,….

    September 30, 2021 at 4:05 am
  • Afifah Reply

    Mantap kampusku

    September 30, 2021 at 4:16 am
  • Yeniasari Reply

    Luar biasa dan semoga bisa bermanfaat untuk mahasiswa lainnya ๐Ÿ™‚

    September 30, 2021 at 4:43 am
  • Mahasiswa IBM SM.7 Reply

    Tjakeeep, makin maju pendidikan kalo belajar di IBM nih ๐Ÿ˜

    September 30, 2021 at 4:45 am
    • Nurhi Reply

      Uwaaaa.. mantap.. jaya selalu kampus tercinta๐Ÿ˜

      September 30, 2021 at 8:37 am
  • Arsha Reply

    Luar biasa muhammadiyah, istiqomah mencerahkan insya allah.

    September 30, 2021 at 4:58 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *