INSTITUT BISNIS MUHAMMADIYAH BEKASI PERKUAT PUBLIKASI ILMIAH DI 2022


INSTITUT BISNIS MUHAMMADIYAH BEKASI PERKUAT PUBLIKASI ILMIAH DI 2022

para dosen peserta publikasi ilmiah

Untuk memperkuat pengimplementasian Catur Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan Institut Bisnis Muhammadiyah (IBM) Bekasi, tahun ini kampus memperkuat sistem publikasi ilmiah baik dari sisi sitem secara daring, mau pun teknis penulisan ilmiah.

suasana pelatihan publikasi ilmiah

Sejak 2020 lalu, enam program studi sudah memiliki jurnal online tersendiri, antara lain DIRHAM untuk program studi Ekonomi Islam, SMART untuk program studi Manajemen, BALANCING untuk program studi Akuntansi, DEVELOP untuk program studi Ekonomi Pembangunan, INTERPRETASI untuk program studi Ilmu Komunikasi, serta JUPITER untuk jurnal program studi Teknik Informatika.

pemateri dalam forum publikasi ilmiah

Setiap jurnal rata-rata sudah terbit daring dalam 3 volume, dengan total sekitar 48 judul artikel ilmiah yang telah tayang secara daring di OJS (Open Journal Sytem) IBM Bekasi. Penulis artikel dalam jurnal daring ini tak hanya dosen internal, tapi juga terdiri dari penulis dan peneliti luar dari lingkup kampus IBM Bekasi.

Target para pengelola jurnal di tiap prodi, akhir tahun ini, IBM Bekasi sudah mengikuti proses akreditasi dan bisa memiliki akreditasi SINTA, sehingga bisa menjadi wadah penulisan berupa hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terpercaya, bermanfaat bagi masyarakat luas, serta jadi ajang aktualisasi pada dosen dan peneliti untuk menampilkan karya terbaik mereka.

Selain itu, IBM Bekasi juga mengadakan pelatihan pendalaman teknis menulis artikel ilmiah, sehingga para dosen dan calon dosen IBM Bekasi makin up-to-date dengan perkembangan teknis penulisan artikel ilmiah baik dalam skala nasional dan internasional.

Pelatihan ini difasilitasi oleh Ibu Aisyah Pia Asrunputri, BA (Hons). MM  yang selain berprofesi sebagai dosen, juga sebagai Reviewer di jurnal SCOPUS. Untuk pendalaman sitasi serta pengayaan trik-trik menulis, Dr. Didi Mulyadi, selain berprofessi sebagai pengelola program studi S2 Manajemen IBM Bekasi, beliau juga merupakan International Mendeley Advisor, yang banyak memberikan sharing berharga.

Dua pelatihan teknis yang sangat penting bagi keberlangsungan penerapan Catur Charma Perguruan Tinggi ini dibuka oleh Rektor IBM Bekasi, Bpk. Dr. H. Jaenudin, S.Ag., M. Pd. dan dipimpin oleh moderator – Bpk. Hamluddin, M. Si. yang juga bertindak selaku Kepala Lembaga Penjaminan Mutu.

Semoga semua daya upaya ini bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan berguna bagi masyarakat luas.

***

Penulis : Eva Fauziana, S.Pd, M.Si.,

Dokumentasi : IBM Bekasi

 

 

 

Comment (1)

  • נערות ליווי בתל אביב Reply

    I was pretty pleased to discover this great site. I need to to thank you for your time for this particularly fantastic read!! I definitely appreciated every part of it and I have you book marked to see new stuff on your blog.

    April 12, 2022 at 1:49 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *