(021) 8269 3450
“IBMB Berbagi Berkah: Memaknai Keteladanan Berqurban  Abu al-Anbiya, Abu at-Tauhid”

“IBMB Berbagi Berkah: Memaknai Keteladanan Berqurban Abu al-Anbiya, Abu at-Tauhid”

Penulis: Nurul Rahmawati Putri Pertiwi

(Tim IBMB News IBM Bekasi)


Merentak tahun 2024 dan dalam momentum Milad ke-9, IBM Bekasi terus tiada henti berkiprah penuh berkah.  

IBMB News-Bekasi. Institut Bisnis Muhammadiyah (IBM) Bekasi kembali melaksanakan penyembelihan hewan dan pendistribusian daging qurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M. Penyembelihan dilaksanakan di halaman Kampus 1 dan 2 IBM Bekasi (Senin dan Selasa, 17-18/6/2024). Tujuannya untuk meningkatkan, memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt sebagaimana yang telah diteladankan Nabi dan Rasul Ibrahim Alaihis Salam (Abu al-Anbiya, Abu at-Tauhid); mempererat tali silaturrahim dan berbagi berkah antara IBM Bekasi dan warga sekitar; merasakan euforia Hari Raya Idul Adha dengan menikmati daging qurban.

Pada tahun ini, IBM Bekasi berhasil menyembelih total sembilan ekor hewan qurban mencakup dua ekor sapi dan tujuh ekor kambing. Satu ekor sapi dari para sivitas akademika IBM Bekasi (Jaenudin/Rektor, Epen Supendi/Warek III, Sugiyatno/Kepala BPM, Yunus Fadhillah Soleman/Dosen, Teguh Santosa/Dosen, M. Margaretha, Micky Prathama/Dosen). Dan satu ekor sapi berasal dari KB Bukopin Syariah melalui Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Sedangkan pendistribusian hewan qurban kepada warga sekitar kampus.

Adapun tujuh kambing diberikan Hamba Allah, untuk proses pendistribusian difokuskan pada lima wilayah, yaitu dua kambing kepada warga, dua kambing di sekitar kampus 2 IBM Bekasi, satu kambing di sekitar kampus 1 IBM Bekasi, dua kambing di kelurahan Karangsatria Tambun Utara Kota Bekasi, dan satu kambing diberikan kepada komunitas Mahasiswa Pecinta Alam antar kampus.


“Brigade Qurban 1445 H” sivitas akademika IBM Bekasi sebagai pelaksana yang terdiri dari struktural, dosen, perwakilan mahasiswa, dan dibantu beberapa warga melaksanakan proses  penyembelihan, pengulitan dan pencincangan daging qurban dilakukan dengan perlahan dan teliti. Kemudian memastikan bahwa daging yang ditimbang dan dibungkus (packing) dengan rapi, setelah itu dilakukan pendistribusian.

Salah satu dosen sebagai pengurban, Yunus Fadhillah Soleman, menyatakan bahwa ini merupakan tahun kedua menunaikan berqurban di IBM Bekasi, sebelumnya berpartisipasi sebagai pengurban di lingkungan tempat tinggal. 

“Biasanya patungan tujuh orang untuk satu sapi, atau kambing jika tidak mencukupi, ke depan yang ikut berpartisipasi dalam qurban ini tidak hanya dosen atau struktural IBM Bekasi saja, tapi juga perlu digagas  ada tabungan qurban kolektif bagi mahasiswa IBM Bekasi yang ingin berkontribusi dalam kegiatan qurban agar kemeriahan Idul Adha di IBM Bekasi denyutnya terasa" harapan Yunus.

Idul Adha merupakan momentum yang sangat memiliki nilai-nilai spiritualitas bagi umat manusia. IBM Bekasi Berbagi Berkah: Memaknai Keteladanan Abu al-Anbiya, Abu at-Tauhid. Nabi Ibrahim Alaihis Salam dalam menjalankan kehidupan selalu mendapatkan ujian yang bertubi-tubi semisal diperintah mengungsikan istri dan anaknya ke tempat yang tandus dan sangat jauh dari pemukiman penduduk, menyembelih Nabi Ismail Alaihis Salam; dan berani dalam menegakkan kebenaran. Ujian yang dihadapinya dijalankan dengan penuh kesabaraan dan kepatuhannya. Nabi Ibrahim Alaihis Salam  selalu taat dan patuh kepada Allah Swt.


Rektor IBM Bekasi, turut memantau proses pelaksanaan qurban di Kampus 2 IBM Bekasi. Ia menekankan pentingnya menyisihkan sedikit demi sedikit harta yang dimiliki untuk tabungan qurban, minimalnya dapat dikumpul sebanyak tiga juta rupiah per-orang.

"Saya berharap mahasiswa IBM Bekasi juga dapat ikut menjadi bagian dari para pengurban di tahun berikutnya, jika mereka meniatkan diri menabungkan uangnya untuk ikut berkontribusi dalam penyediaan hewan qurban IBM Bekasi dan berbagi kepada masyarakat" ajak Rektor IBM Bekasi. 

Sementara itu, Person in charge (PIC) penyelenggara qurban IBM Bekasi, Muhammad Nur  Ishak (dosen IBM Bekasi) mengungkapkan bahwa penunaian qurban bukan hanya ajang beribadah tapi juga kesempatan mempererat hubungan antara civitas akademika dan mahasiswa, serta membangun hubungan dengan warga sekitar kampus dalam berbagi keberkahan Idul Adha.

"Semoga dengan kegiatan ini, keimanan dan ketaqwaan Kita dapat meningkat sebagaimana yang telah diajarkan Nabi--Rasul Ibrahim dan Nabi Ismail, pengorbanan Kita hanya disimbolkan dengan hewan qurban. Selain itu, hal ini dapat mempererat hubungan silaturrahmi dan meningkatkan jumlah hewan qurban yang bisa dibagikan setiap tahunnya" tutur Ishak.

Dengan semangat kebersamaan dan kepedulian pada sesama, para sivitas akademika IBM Bekasi terus berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan serupa dan kegiatan lainnya setiap tahunnya, berharap dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat sekitar.

Ady Prasetyo, salah satu perwakilan mahasiswa yang bergabung dalam “Brigade Qurban IBMB” mengungkapkan kebahagiaannya berpartisipasi dalam kegiatan qurban. "Seru banget, seneng banget bisa turut menjadi perwakilan mahasiswa untuk menyaksikan proses penyembelihan sampai pembagian hewan qurban di IBM. Bangga bisa menjadi bagian dari ibadah qurban ini, berharap semoga di tahun-tahun selanjutnya hewan qurban di IBM Bekasi semakin bertambah dan membawa keberkahan bagi seluruh civitas akademika dan mahasiswa IBM Bekasi." ungkap Ady.

Salah satu perwakilan dari warga, Gilang Gumilang menyatakan rasa syukur dan bahagianya mendapat jatah daging hewan qurban dari IBM Bekasi. "Alhamdulilah yaa, IBM Bekasi sangat membantu warga sekitar dengan pemberian daging hewan qurban ini. ke depan IBM Bekasi terus konsisten berbuat baik pada warga sekitar dan turut menjadi sarana pendidikan yang membawa kebanggan” harapan Gilang.

#Jiwa Muda, Semangat Berkarya!

Editor dan Dok. Foto: Yoni Haris Setiawan

Share This

Comments