(021) 8269 3450
Mencengangkan! Mahasiswa Merasakan Hal Ini Di Ruang Perpusidigit IBM Bekasi (1)

Mencengangkan! Mahasiswa Merasakan Hal Ini Di Ruang Perpusidigit IBM Bekasi (1)

Penulis: Yoni Haris Setiawan

(UPT Perpusidigit IBM Bekasi)


Mengapa Perpustakaan tidak banyak diminati, padahal gratis? Mendengar kata perpustakaan saja sudah penat apalagi mengunjunginya atau berlama-lama dalam ruangannya yang dilihat hanya buku berderet. Ada apa dengan Perpustakaan?


IBMB News. – Yuuk....!!! Kita jalan-jalan ke ruang-ruang khazanah ilmu pengetahuan dengan merefleksi terkait perpustakaan, walaupun para mahasiswa atau kawula muda telah paham tentang keberadaannya. Barangkali ini untuk reminder memulihkan kembali motivasi baru dan lebih aktif, memiliki kecintaan pada perpustakaan.



Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan dan Publikasi Digital (UPT Perpusidigit) Institut Bisnis Muhammadiyah (IBM) Bekasi mempunyai yel-yel motivasi: “Kunjungi, Kenali, Ikuti Program Perpustakaan”.  Kunjungan pemustaka (pengguna perpustakaan baik perseorangan atau kelompok yang memanfaatkan layanan dan koleksi perpustakaan). Manajemen UPT Perpusidigit senantiasa mengevaluasi, menanyakan kepada pemustaka terkait yang dirasakan selama di ruang Perpusidigit. Ini jawaban yang mencengangkan dari para pemustaka yang tidak diduga-duga.



Perspektif Mahasiswa tentang UPT Perpusidigit IBM Bekasi


“Saya mahasiswi pindahan dari kampus lain yang perpusnya sumpek, panas. Selama menyusun proposal skripsi dikerjakan di Perpus IBM Bekasi, waktu pertama kali masuk ke Perpus IBM Bekasi merasakan nyaman, adem, pelayanannya ramah, tidak pengap,” ungkap Siti Nurul Fajriah Mahasiswi Prodi Manajemen.


“Selama kuliah, Saya gak pernah ke Perpus IBM, namun baru dua kali ini selama menyusun proposal skripsi Saya mencari referensi mulai di Perpus IBM, ternyata nyaman, enak, harum, jadi betah degh, dilayani dengan familiar!” kata Adi Setiawan Prodi Akuntansi.


“Perpus IBM Bekasi sangat adem, bersih, sejuk, walupun banyak pengunjung suasananya sunyi sehingga fokus dalam belajar dan menyelesaikan tugas-tugas kuliah, apalagi sekarang sedang menyelesaikan penyusunan skripsi, perpus menjadi tempat yang tenang dan nyaman”  Hafiz Amrillah Mahasiswa Manajemen.


“Kalau hanya membaca saja akan terasa boring, Saya sambil mengerjakan tugas bisa menikmati tayangan televisi yang ada di Perpus IBM, menyelesaikan tugas dengan diiringi lagu sepoi-sepoi, memutar lagu bisa request, harum juga ruangannya tambah semangat jadinya”  jelas Iqbal Maulana mahasiswa Ekonomi Pembangunan.


“Beta merasakan betah di Perpus IBM, karena  tertata rapi, adem, bersih, harum pula,. Beta mengerjakan tugas-tugas kuliah jadinya tenang” ungkap Ulfa Mahasiswi TI dari Maluku.


Lain halnya dengan mahasiswa dari Prodi Ekonomi Islam yang sering berkunjung dengan berkelompok, Mereka mengerjakan tugas-tugas mata kuliah yang diberikan  Dosen. Mereka menyampaikan yang dirasakannya. “Kami mengerjakan tugas-tugas dengan lesehan aja, supaya seruuuu... santai... karena di bawah luas juga, bersih, harum dan ACnya semiliwir” papar Nida Putri mewakili kelompoknya.



Mahasiswa dan Mahasiswi IBM Bekasi Prodi Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Islam, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Komunikasi, dan Teknik Informatika yang berkunjung merasakan berbagai hal yang serupa yang ditemukan di Perpus IBM Bekasi, mencengangkan jawabannya baik itu dari situasi dan kondisi koleksi buku, kenyamanan, kebersihan, pelayanan.  Tata tertib untuk akses ke UPT Perpusidigit IBM Bekasi cukup jelas di informasikan, begitu pulang dengan informasi-informasi lainnya.



Bersambung...........


#Salam Literasi_Indonesia Berkarya!

#Jiwa Muda_Semangat Berkarya!

 


Share This

Comments