(021) 8269 3450
LDK Al Ghazi  IBM Bekasi Agendakan Kultum dan Halaqah Alqur’an

LDK Al Ghazi IBM Bekasi Agendakan Kultum dan Halaqah Alqur’an

Penulis: Yoni Haris Setiawan

(UPT Perpustakaan dan Publikasi Digital IBM Bekasi)

 IBMB News – LEMBAGA Dakwah Kampus (LDK) Al-Ghazi mengagendakan kegiatan rutin yakni Kuliah Tujuh Menit (Kultum) dan Halaqah Alqur’an ba’da shalat dzuhur di Masjid Babul Ilmi Kampus II Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Institut Bisnis Muhammadiyah (IBM) Bekasi dengan jama’ah segenap sivitas akademika. Kultum dimulai kembali pada tanggal 21 Mei 2024 dan dilanjutkan hari berikutnya. Adapun yang menyampaikan kultum yaitu para mahasiswa. Sedangkan Halaqah Alqur’an baru dimulai hari ini (Rabu, 22/5/2024).


Kultum kali ini disampaikan Julpahmi Siregar (Bidang Dakwah) yang mengangkat tema "Shalat" yang difokuskan pada hukum mengqadha shalat dan caranya. Dinukil dari beberapa sumber, mengqadha shalat artinya mengerjakan shalat di luar waktu sebenarnya untuk menggantikan shalat yang terlewat. Jika terlewat shalat karena tidur atau lupa, maka hukumnya wajib shalat ketika ingat.

Julpahmi melanjutkan uraiannya, terkait bila seseorang meninggalkan shalat dengan sengaja, hendaknya memperbanyak melakukan perbuatan amalan kebaikan dan shalat sunnah. Dan hendaklah bertaubat kepada Allah Swt atas kelalaiannya.

Sementara terkait halaqah, dirilis dari berbagai sumber, pengertian halaqah (secara etimologi) berasal dari Bahasa Arab halaqo, yahluqo, dan halqotan yang berarti lingkaran. Halaqah  (secara istilah) merupakan perkumpulan dua orang atau lebih yang membahas urusan-urasan keilmuan, khususnya ilmu agama. Dalam hal ini berarti lingkaran orang-orang yang duduk bersama dalam suatu majelis pengajian untuk bersama-sama mengkaji dan mempelajari Islam. Dalam bahasa yang lebih populer bisa juga disebut sebagai pengajian atau majelis taklim. Tradisi nalaqah ini sebenarnya bersumber dari Nabi Muhammad SAW.

Menurut Syiraz Abidzar (Ketua Umum LDK Al Ghazi) kegiatan ini sudah ada sejak dari awal LDK berdiri, namun baru dimulai kembali sejak pelantikan periode ini 2024-2025. Tujuan dari kegiatan ini adalah membiasakan mahasiswa IBM Bekasi untuk membaca Alquran di sela-sela kesibukannya. Dan kegiatan ini diadakan setiap sepekan dua kali pada hari Selasa dan Rabu.


“Jama’ahnya dari mahasiswa IBM Bekasi, siapa pun selama statusnya mahasiswa IBM Bekasi insya Allah dapat ikut berpartisipasi pada kegiatan ini, tidak hanya terbatas pada pengurus dan anggota LDK saja. Mari...!!! kita makmurkan Masjid Babul Ilmi dengan gema Alqur’an, Nabi Muhammad SAW telah memberikan teladan kepada kita” ungkap Syiraz.

Pada pelaksanaan Halaqah Alqur’an perdana ini, jama’ah mulai membaca dari mulai surat Al-Baqarah, pada pertemuan berikutnya melanjutkan surat-surat lainnya secara berurut dan bergantian membacanya. Dalam kegiatan ini tidak hanya sekadar membaca, akan tetapi diperkuat tahsinnya. Tahsin adalah sebuah metode atau upaya memperbaiki bacaan Al-Qur'an. Tahsin adalah upaya seorang muslim dapat membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Tahsin sama dengan perbaikan.,


“Harapan Kami dari kegiatan ini semoga banyak mahasiswa IBMB dapat mengasah potensi, unjuk keberanian, public speaking dengan menyampaikan kultum beragam tema sebagai pengingat kepada sesama dan tertarik untuk belajar dan membaca Alqur’an” pungkas Ketua LDK Al Ghazi.


#Jiwa Muda_Semangar Berkarya!

Share This

Comments