(021) 8269 3450
Mahasiswa EI dan Ak IBM Bekasi, Rp. 100.000  Dapat Memulai Berinvestasi?

Mahasiswa EI dan Ak IBM Bekasi, Rp. 100.000 Dapat Memulai Berinvestasi?

Penulis: Yoni Haris Setiawan

(UPT Perpusidigit IBM Bekasi)

 

IBMB News. – Program Studi (Prodi) Ekonomi Islam (EI) dan Akuntansi (Ak) Institut Bisnis Muhammadiyah (IBM) Bekasi menggelar Seminar Investasi Saham Syariah dengan tema “Tumbuhkan Keberkahan Financial dengan Investasi Saham Syariah” Sabtu-Ahad (11-12/5/2024) bertempat di Auditorium Abdul Malik Fadjar Kampus II IBM Bekasi, Jalan Dewi Sartika Margahayu Bekasi Selatan, Kota Bekasi.


Seminar ini diikuti kurang lebih 150 mahasiswa dari prodi EI dan Ak, dan dihadiri Ketua Prodi EI (Puti Khairani Rijadi), Ketua Prodi Ak (Yeniasari Rizkia  Budi), Rektor IBM Bekasi (Jaenudin), Pengurus Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam (HIMEI) dan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKA) IBM Bekasi.


Panitia seminar mengundang pemateri yang kompeten di bidangnya dari PT Syariah Saham Indonesia  yang terdiri dari Ady Nugraha (CO Founder Syariah Saham) membawakan materi "Syariah Saham"; Dery Yustria (IDX Islamic) dengan materi "Investasi Saham Syariah"; Norman Yudha A (Mandiri Sekuritas) memaparkan materi "MOST SOTS"; M. Althaf Syauqillah Abduh (Equity Research Analyst) menyajikan materi "Mengenal Investasi Syariah dan Saham Syariah”; Ramadhan, RSA, AWP (Equity Research Analyst) menjelaskan materi"Analisa Fundamental"; sedangkan Ananda Syach (Equity Research Analyst) mengajak para mahasiswa menyimak materi "Basic Analisis Teknikal".


Dalam kesempatan pembukaan seminar, Ketua Prodi EI, Puti Khaerani Rijadi menyampaikan sambutan bahwa Prodi EI dan Ak memulai debut perdana kegiatan ini yang berkolaborasi dan berkerjasama dengan PT Syariah Saham Indonesia.  “Semoga ke depannya dapat berlanjut kegiatan ini,  untuk para mahasiswa IBM yang mengikuti selama dua hari ini dapat mengambil ilmunya, mengaplikasikan tentang saham syariah, paling tidak untuk belajar mendapatkan penghasilan” pesan Puti.


Menurut Rektor IBM Bekasi, Jaenudin dalam sambutannya mengemukakan bahwa hidup Kita adalah semuanya investasi. Investasi untuk menuju kebaikan. Investasi yang paling jauh yaitu akhirat, investasi yang lebih kekal adalah akhirat. Investasi masa depan di awali dengan investasi dunia. Dengan berinvestasi dapat memiliki penghasilan apabila dilakukan dengan benar dan berlandaskan syar’i.


Lebih lanjut Jaenudin menjelaskan, investasi untuk dapat menaikan nilai harta atau asset yang dimiliki. Penggelembungan dengan investasi akan membawa keuntungan. Tentunya dengan pengelolaan yang baik dan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

“Para mahasiswa IBM Bekasi dengan pelatihan ini tercerahkan dapat berinvestasi untuk kebaikan masa yang akan datang, siap pensiun sebelum usianya pensiun, karena sudah punya modal untuk hari tua, kita harus berusaha, dengan investasi ini masa depan harus lebih bahagia” harapan Rektor IBM Bekasi.


Dilansir sikapiuangmu.ojk, saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) pada suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan begitu, investasi saham ialah penanaman modal dengan bentuk penyertaan dana oleh seseorang maupun badan usaha di suatu Perusahaan. Salah satu tujuan berinvestasi saham adalah untuk mempersiapkan dana tertentu.


Pertanyaannya, apakah para Mahasiswa IBM Bekasi dapat melakukan penyertaan modal untuk berinvestasi? Paparan dari pemateri sangat memungkinkan dan berpeluang sangat besar. Para pemateri memberikan motivasi bahwa Mahasiswa IBM dapat berpartisipasi dalam pasar modal dengan cara yang sesuai dengan keyakinan dan nilai-nilai agama.


Dengan kata lain investasi saham itu halal (syariah), mahasiswa IBM Bekasi sangat potensial untuk memulai dunia persahaman jika dilakukan sesuai dengan syariat yang tidak melanggar hukum Islam. Selama memenuhi 2 unsur, yaitu dari segi jenis sahamnya dan jenis transaksinya, maka investasi saham adalah halal. Saham syariah didasarkan pada prinsip-prinsip Islam yang melarang riba (bunga), maysir (perjudian), dan gharar (ketidakpastian).


Memulai investasi apakah mesti dengan modal besar, jutaan bahkan milyaran? Tidak mesti, dengan modal uang Rp. 100.000 Mahasiswa IBM Bekasi dapat mulai investasi di produk yang disediakan. Sederhananya, cara kerja investasi dimulai dengan pembelian saham oleh investor. Ketika seseorang membeli saham, ia menjadi pemegang kepemilikan perusahaan tersebut. Nilai saham dapat berubah-ubah tergantung pada permintaan dan penawaran di pasar saham. Saat harganya sedang naik dana yang awalnya dikeluarkan untuk membeli instrumen investasi pun akan berlipat ganda ketika produknya telah dijual kembali.


Semoga Mahasiswa IBM Bekasi dapat berinvestasi untuk dunianya dengan saham dan akhiratnya dengan kebaikan. Apabila memahami tentang investasi dan dunia saham sangat besar sekali keuntungan atau manfaat dari berinvestasi seperti untuk menambah penghasilan dan tabungan, menjadi salah satu solusi inflasi, untuk tabungan pensiun, dapat membantu mewujudkan mimpi, sebagai upaya financial freedom, dan enambah wawasan. Tentunya tetap waspada dalam menjalankannya, jika salah langkah akan menemukan kerugian. Pilihannya dengan Investasi Saham Syariah. 



#Jiwa Muda_Semangat Berkarya!


Share This

Comments